Kuliah Manajemen Belajar Apa? | Tips Kuliah buat Mahasiswa Baru

Project Perencanaan Bisnis 

Hai, bertemu lagi!
Kali ini aku bakal sharing seputar kuliah, khususnya untuk jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomika. Kebetulan lama studiku di jurusan Manajemen kurang lebih 4 tahun 4 bulan (include internship yang dihitung tetap masa studi). 

Here you go. 

Selama menjadi mahasiswa jurusan Manajemen, di awal tahun aku belajar mata kuliah dari 3 jurusan di Fakultas, which is Manajemen, Ilmu Ekonomi dan Akuntansi. Jadi jangan berpikir kalau kalian kuliah Manajemen kalian gak akan bertemu dengan Akuntansi. Big No.  Seingatku di awal kuliah semua mata kuliah dasar diberikan, kayak Bisnis Pengantar, Akuntansi Pengantar, Ekonomi Pengantar, Matematika Ekonomi I, dan berbagai mata kuliah pilihan seperti Pancasila, Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan lain sebagainya. 

Semester 2-3
Nah menuju ke semester ini bakal mulai menjurus ke jurusan masing-masing, seperti bakal belajar Dasar-dasar pemasaran, Manajemen Pemasaran, Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasi, Manajemen Keuangan dan lain-lain. Intinya mulai menjurus ke Manajemennya, walaupun ada beberapa mata kuliah jurusan lain yang mendukung seperti Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Makro Ekonomi. 

Semester 4-5
Di semester ini seingatku makin mengerucut banget, apalagi di semester 5 harus menentukan ingin konsentrasi Manajemen di bagian apa, kebetulan dikategorikan jadi Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Strategic. Nah kebetulan aku konsentrasi untuk majornya adalah Manajemen SDM, dan untuk minornya (biasa digunakan untuk sidang komprehensif) adalah Manajemen Strategic. Di semester ini otak mulai diperas habis-habisan untuk berbagai tugas.

Semester 6
Di semester-semester ini mulai banyak banget tugas yang agak kurang manusiawi, karena hampir semuanya harus kumpul paper setiap minggu, masih ada project kelompok, project individu, sampai tugas akhir. Semester ini dulu belajar Kewirausahaan, Ekonometrika (dari jurusan Ekonomi), Perencanaan Bisnis, Komunikasi Bisnis, Negosiasi Bisnin, Metode Penelitian Bisnis dan lain-lain. Setelah itu kita juga bakal ketemu dengan mata kuliah hasil Konsentrasi. Misalkan tadi aku konsentrasi SDM, maka aku diwajibkan untuk mengambil mata kuliah pilihan konsentrasi, saat itu aku mengambil mata kuliah P3O dan Manajemen Lintas Budaya. Untuk konsentrasi bidang lain juga banyak pilihan mata kuliahnya. 

Semester 7 
Di semester ini setelah KKN ( KKN berjalan di antara libur semester 6-7) bakalan disuguhi sama yang namanya Seminar. Seminar ini dibagi berdasarkan konsentrasi yang diambil dan tujuannya adalah membantu kita buat latihan untuk ngerjain skripsi dan sidang skripsi. Disini kita dituntut untuk memberikan tema apa yang pingin dipakai untuk penelitian selanjutnya. Terkadang Dosen Pembimbing Skripsi bakal setuju dengan tema skripsi yang sudah di presentasikan ketika Seminar, tapi tak sedikit juga yang ditolak mentah-mentah. Contohnya aku, dosenku ga begitu suka tema ketika Seminar, walaupun nilai Seminar A. Akhirnya ubah tema dan variable sampai DPS suka dan setuju (nasib mahasiswa akhir). 

Semester 8
Semester ini semester mulai mengerjakan Skripsi, semua effort kembali sama diri kalian sendiri, dan tentunya mood DPS juga jadi penentu lancar tidaknya skripsi kalian. 6 bulan pertama skripsi berjalan super alot karena banyak banget halangannya, mulai dari tema yang gak sesuai, ganti variabel, dosen sibuk, dosen sibuk, dosen sibuk, dosen sibuk, ambil internship hahahaha dan ganti responden. 6 bulan berikutnya berjalan cepat, dosen mulai sadar kalau mahasiswanya ini mulai ambisius segera lulus, sampai akhirnya waktu penyebaran kuesioner yang penuh drama, dan ngumpulin responden yang susahnya minta ampun, sampai ngolah data yang kocar-kacir, benerin a-z skripsi, ngejar waktu deadline karena pingin wisuda periode selanjutnya dan finally tanggal 23 Desember 2016 memberanikan diri daftar sidang, dan 24 Januari 2017 sidang skripsi berjalan lancar, sidang komprehensif jauh lebih lancar. 

Finally aku dinyatakan lulus dari jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Jadi total kuliah kurang lebih masuk 10 semester, tapi dengan masa studi 4 tahun 4 bulan dan IPK yang belum cumlaude tapi hampir cumlaude (ini nyesek tapi ya Allhamdulillah masih dapat predikat dari kampus sangat memuaskan). Dan yang bikin nyesek, karena waktunya mepet jadi harus ikut wisuda 2 periode selanjutnya. It's ok, yang penting udah lulus dari UGM. Hahaha 

Oh iya aku juga ada tips untuk kalian para mahasiswa baru
1. Perbanyak teman dan bersosialisasilah dengan baik. Dengan banyak teman, jadi membuat kita banyak melihat perspektif orang lain, banyak kenalan, dan tentunya banyak teman main. 
2. Pahami dan perhatikan pola pengajaran dosen, karena tiap dosen punya cara yang berbeda, dan kadang kita ga bisa prediksi mereka bakal gimana, dan bakal ngasih kita nilai apa.
3. Deadliner tidak dilarang, tapi selalu lakukan semua hal dengan sepenuh hati, jangan setengah-setengah. Contohnya kalau ada tugas, kerjakan seperfeksionis mungkin. Kalau udah kecebur, sekalian menyelam. 
4. Imbangkan antara Akademik dan Non-Akademik, perbanyak ikut kegiatan dan organisasi. Jangan lupa juga untuk internship, sumpah it'll help you a lots in real life.
5. Dan yang terakhir, untuk ngerjain skripsi besok, lakuin pake niat, jangan bergantung sama temen, jangan malas-malasan, kejar terus dosennya, jangan takut dan jangan malu! 

Semoga menginspirasi XX

No comments:

Post a Comment

Adbox

@templatesyard