Summer Holiday Wish X Tips Liburan Murah tapi Gak Murahan

(Dreamland Beach, February 2015)

Tahun ini menjadi tahun yang super duper melelahkan dan menyenangkan, tentunya karena kesibukan dari sidang skripsi, komprehensif, wisuda hingga detik ini sebagai seorang jobseeker. Capek? Pasti. Butuh liburan? Jelas. Sebagai seorang yang lagi jenuh-jenuhnya, aku rasa liburan bisa jadi sarana buat me-refresh otak yang isinya stuck antara test kerja kesana-kesini, menanti kepastian, dan lain sebagainya. Berhubung lagi musim panas, bawaannya kangen banget sama suara ombak dan halusnya pasir pantai. Seilah. Tapi serius lho, sekangen itu pingin ngerasain summer holiday.

Untuk destinasi buat liburan musim panas aku yakin kalau Indonesia gak akan kekurangan pilihan tempat. Dari Sabang sampai Merauke semua punya keindahan masing-masing. Apalagi Indonesia yang notabene terdiri dari ribuan pulau yang dikelilingi laut. Cari tempat santai bukanlah hal yang susah. Tapi kalau buatku, tempat untuk menghabiskan summer holiday terbaik selalu jatuh ke pulau Bali, walaupun ada beberapa destinasi lain yang on-list, tapi Bali tetap menempati urutan pertama. Berkali-kali datang ke Bali tapi Bali jadi tempat yang paling ingin dituju karena wisata alam dan budayanya yang selalu bikin ingin kembali lagi. Untuk liburan musim panas di Bali banyak hal yang bisa kita lakuin, gak cuma ke pantai, tapi bisa ke berbagai tempat menyenangkan lainnya, seperti ke daerah Ubud yang menawarkan wisata hijaunya, daerah Bedugul wisata danaunya, dan masih banyak tempat yang sebenernya belum sempat dikunjungi.

Budaya Bali juga menjadi salahsatu daya tarik kenapa aku pingin banget nikmatin liburan musim panas disana, keramah tamahan orang-orang Bali, bagaimana mereka memperlakukan sesama, bagaimana mereka memperlakukan tumbuhan, I just love everything about it. Oh iya buat teman-teman yang pengen liburan tapi kepentok sama pikiran-pikiran dibawah ini :
 “Ah ngapain liburan, ngabisin uang.”
“ Takut ah, pasti buat penginapan malah”
“Aku belum pernah kesana, gimana nih”
Tenang aja, sekarang kalian ga perlu takut buat liburan, karena kalian tetap bisa liburan dengan budget yang murah dan sesuai dengan kantong kalian, asal kalian bisa me-manage dengan baik. Come on, hidup ini harus seimbang lho antara kerja+belajar dan juga liburan. Setuju kan? Oh iya, aku juga punya tips-tips lho buat kalian yang pingin liburan murah tapi ga murahan.
1. Rencanakan Liburan dari Jauh Hari. 
Menurutku untuk dapat liburan hemat dan on budget, ada baiknya kalian merencanakan dari jauh hari. Dimulai dengan membuat daftar kegiatan kalian ingin kemana, berapa lama, mau ngapain aja, naik apa, nginep dimana, sampai butuh budget berapa. Aku biasa prepare sekitar 3-4 bulan sebelumnya (kalau butuh budget yang lumayan besar, dan tempat yang agak jauh). Jangan lupa untuk melakukan riset pada destinasi wisata yang bakal kalian kunjungi. Kalau aku biasanya lihat di ulasan internet, dan salahsatu website yang menurut aku bantu banget ada di blog ini Reddorz Blog. Disitu kalian bisa dapetin tips&trick liburan, rekomendasi tempat wisata dan rekomendasi tempat makan pula. Kalian juga mungkin bisa nanya ke temen kalian yang udah pernah ke tempat yang akan kalian kunjungi. Pokoknya pinter-pinter gimana cari tahu tentang destinasi wisata kalian. 
2. Kelarkan Urusan Transportasi dari Jauh Hari
Nah ini dia yang biasa aku lakuin setelah selesai perencanaan (setelah dapet tanggal yang pas) biasanya aku langsung cari ke berbagai situs yang nyediain tiket pesawat, oh iya kalau kereta biasa kalian bisa booking dari H-90 keberangkatan, jadi don't worry. Untuk pesen tiket pesawat saranku ambil keberangkatan jangan pas weekend karena harganya bisa jadi naik-naik kepuncak gunung, karena bakal dihitung peak season. Dari jauh-jauh hari kalian bisa pantengin terus situsnya, biasanya sering ada promo, pinter-pinter buat selalu memantau. Jangan lupa selalu bandingkan satu sama lain, atau kalaupun kalian ada waktu coba tanya ke penyedia jasa tiket gitu (semacam biro travel) biasanya mereka punya kerjasama dan bisa lebih murah. Semua balik lagi, pinter-pinter manfaatin kesempatan ya.
3. Booking Penginapan Murah tapi Gak Murahan 
Walaupun liburan murah, bagiku penginapan ini merupakan suatu hal yang krusial. Pikirkan matang-matang dan sesuaikan dengan budget yang kalian punya. Yang namanya mau liburan murah ya gak mungkin dong mau nginep di hotel bintang 5. Tapi namanya liburan masak mau juga tidur ditempat yang kita bayar tapi fasilitasnya minus? Pokoknya kalau menurutku kenyamanan ini nomor satu buat penginapan. Dan selama aku liburan hemat ini aku selalu booking kamar lewat aplikasi RedDoorz melalui Handphone, jadi bisa dengan mudah aksesnya dimanapun dan kapanpun. Tapi kalau bisa juga dibuka lewat situsnya RedDoorz Website. Saranku sih kalian download di Handphone aja, karena kalau pakai aplikasi biasanya harganya juga lebih murah (namanya juga liburan murah yakan). Oh iya ada apa aja sih sampai aku ngerekomendasiin pake RedDoorz
  • Free Wifi
  • TV Kabel
  • Air Mineral
  • AC
  • Toiletries
  • Kamar Besar
  • Kamar Mandi Bersih 
Pokoknya selama liburan pakai RedDoorz kerasa banget murahnya dan tetep bisa menikmati liburan. Capek habis keliling tempat wisata eh pulang-pulang tempat nginep enak juga. Harganya? SUPER AFFORDABLE. Dan yang paling serunya, pas habis melakukan pemesanan kita bakal dapat RedCash yang bisa kita pake buat potongan diskon di pemesanan selanjutnya. Who can deny it?
3. Cari Transportasi Apa yang Bakal Kalian Pakai di Tempat Tujuan 
Setelah transportasi pulang-pergi beres, penginapan beres, saatnya kalian pikirkan mau naik apa selama kalian keliling buat liburan di destinasi kalian. Semisal memungkinkan untuk pakai transportasi umum dan hitungannya lebih murah, manfaatkan transportasi umum. Tapi kalau misal kalian pingin sewa motor supaya bebas kemana aja, kalian bisa lihat dulu di internet kisaran harganya berapa untuk sewa perhari, atau apakah kalian perlu booking jauh-jauh hari atau bisa langsung ditempat tujuan. (Pengalamanku waktu di Bali sewa motor, disana kita dituntut bener-bener harus pinter nawar, usahain nih kalau yang nawarin Bli Bli nya, yang nawar cewek aja, pasti dimurahin deh).
4. Menabung untuk Keperluan Mendesak atau Beli Oleh-Oleh 
Nah setelah semua langkah diatas udah dilaluin, sekarang saatnya kalian nabung, kan lumayan masih jeda lama, kalian bisa manfaatin buat nabung perhari atau perminggu. Jadi ada uang lebih pas di tempat wisata kalau-kalau kalian pingin ngasih oleh-oleh untuk orang di rumah.
 Dan yang terakhir, jangan malu bertanya! Jangan lupa seimbangin hidup. Enjoy your holiday, dan semoga liburan musim panas ku bakal jadi kenyataan juga. Yay. See you! #reddoorzsummerholiday 

"What you do on travel holiday is what your memories are based on. People want to do cool stuff, and this is what will shape your entire experience." - Ruzwana Bashir

No comments:

Post a Comment

Adbox

@templatesyard